Selasa, 19 September 2017

HIKMAH LUPA ILMU...

HIKMAH...
Dalam sebuah Hadis diterangkan, "HILANGNYA ILMU ITU KARENA SEBAB LUPA", bila dikaji Secara ilmu SYARIAT Kalau kita tidak mengulang-ulang ilmu itu atau tidak menghafalnya kembali maka akan hilang dihati dan pikiran kita yang pada akhirnya kita pun jadi lupa pada ilmu itu.
Dan bila dikaji menurut ilmu HAKIKAT ialah bagi orang yang sudah mengenal-Nya atau makrifat yaitu Hakikat ilmu (Alloh itu sendiri)
Hilangnya Alloh dihati karena sebab lupa, kenapa Alloh??
Karena Alloh bersifat ILMU, ilmu itu artinya TAU, jadi orang yang sudah Tau Alloh, sudah Tau hakikat ilmu yang sebenarnya itulah disebut orang yang sudah MAKRIFAT.
Lalu apa yang menyebabkan orang yang sudah tau Alloh menjadi lupa??
Apa yang menyebabkan hilang dihati??
Karena meninggalkan perintah guru untuk Tawajuh setiap bulannya, dan juga nafsu tidak bisa dikontrol, terlalu banyak keinginan ini itu di dunia, jadi terhijab lagi. penglihatannya..
Jadi Tawajuh itu penting agar selalu ingat dihati agar tidak lupa agar bisa terbayang-bayang terus dihati (Ingat, eling, dzikir hati) kepada-Nya baik dalam keadaan apapun, dalam keadaan susa, senan, sedih tetap mengingat Alloh, serta beramal soleh, dalam keadaan berdiri, rukuk, duduk sujud, dalam keadaan diam atau dalam keadaan terbaring, DZAKARULLOHA KHOIRON KASIRON (Hati banyak eling kepada Alloh).
Tawajuh : Menghadapkan diri dan membulatkan hati kepada Allah..
Semoga bermanfaat #Wassalamualaikum..
Salam Mahabbah💜
Ambarsari Sulistyawati

Tidak ada komentar:

Alloh Dimana Siapa??? Muhammad Siapa???

Bismillahirrahmanirrahim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh... ” #HAKIKAT MUHAMMAD “ Zat ini masalah qadim, tidak dapat diketahui de...