Kamis, 22 Desember 2016

Iman kadangkala naik turun

Iman kadangkala naik turun

Sering terbersit di benak kita suatu pertanyaan yang dialami semua orang. Terkadang kita rajin beramal, dan suatu saat menurun. Terkadang semangat ingin mendekatkan diri pada Allah, lalu down kembali. Iman ini selalu naik turun dan tidak stabil. Saat mendengar ceramah dari guru, seakan ingin membuang kecintaan kepada dunia dan fokus menuju Allah. Namun setelah keluar dari pengajian, semangat itu pudar.

Bagi anda yang mengalami masalah ini, jangan pernah putus asa. Karena masalah ini hampir  dialami oleh semua orang.

Allah Ta'ala berfirman:
“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang apabila disebut nama Allah, hati mereka gemetar, dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah iman mereka (karenanya) dan kepada Rabbnya mereka bertawakkal” (QS al-Anfâl: 2).

Dan firman Allah Ta’aa,

يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آَمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ

“Niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat.” (QS al-Mujaadilah: 11).

Permasalahan iman merupakan permasalahan terpenting seorang muslim, sebab iman menentukan nasib seorang didunia dan akherat. Bahkan kebaikan dunia dan akherat bersandar kepada iman yang benar. Dengan iman seseorang akan mendapatkan kehidupan yang baik di dunia dan akherat serta keselamatan dari segala keburukan dan adzab Allah. Dengan iman seseorang akan mendapatkan pahala besar yang menjadi sebab masuk ke dalam surga dan selamat dari neraka. Lebih dari itu semua, mendapatkan keridhoan Allah Yang Maha kuasa sehingga  Dia tidak akan murka kepadanya dan dapat merasakan kelezatan melihat wajah Allah diakherat nanti.

Oleh sebab itu, Menjaga iman agar tetap kokoh. Jagalah istiqomah dalam kebaikan, kurangi maksiat atau hal-hal yang melalaikan dari dzikir, duduk dekat selalu berkumpul dengan orang-orang sholeh, hadiri majelis ilmu dan dengar tausiyah. Dengan itu, bisa menjadikan keimanan kita meningkat, setidaknya stabil tidak turun atau anjlok.

Semoga Allah menjaga keimanan kita semua.

Tidak ada komentar:

Alloh Dimana Siapa??? Muhammad Siapa???

Bismillahirrahmanirrahim Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh... ” #HAKIKAT MUHAMMAD “ Zat ini masalah qadim, tidak dapat diketahui de...